FALAH, AKHMAD FAJRUL (2021) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk,Digital Marketing, Religiusitas terhadap Kinerja Pemasaran saat Pandemi COVID-19 (studi kasus UMKM di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
![]() |
Text
4117190 - Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4117190 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
4117190 - Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sektor ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam mengerakan perekonomian di Kota Pekalongan. Salah satu ekonomi kreatif yang ada di Kota Pekalongan adalah industri batik. Kota pekalongan merupakan penyumbang kebutuhan batik terbanyak di Indonesia. Kota pekalongan dinobatkan oleh UNESCO pada tahun 2014 dengan kategori Ceative City of Cratfs and Folk Arts. Namun tantangan terberat saat ini adalah era disruptive technology yang menuntut kualitas sumber daya manusia yang baik dalam menguasai teknologi dan pandemi covid-19 yang mengakibatkan kinerja pemasaran UMKM batik menurun drastis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, digital marketing serta religiusitas terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kota Pekalongan selama pandemic covid-19. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Dengan menggunakn sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisi data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian ini adalah inovasi produk, digital marketing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik. sedangkan orientasi pasar dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik. kemudian secara simultan, orientasi pasar, inovasi produk, digital marketing, religiusitas berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kota Pekalongan selama pandemi covid-19 ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Digital Marketing, Religiusitas, Kinerja Pemasaran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:01 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |