Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk,Digital Marketing, Religiusitas terhadap Kinerja Pemasaran saat Pandemi COVID-19 (studi kasus UMKM di Kota Pekalongan)

FALAH, AKHMAD FAJRUL (2021) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk,Digital Marketing, Religiusitas terhadap Kinerja Pemasaran saat Pandemi COVID-19 (studi kasus UMKM di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4117190 - Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117190 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4117190 - Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sektor ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam mengerakan perekonomian di Kota Pekalongan. Salah satu ekonomi kreatif yang ada di Kota Pekalongan adalah industri batik. Kota pekalongan merupakan penyumbang kebutuhan batik terbanyak di Indonesia. Kota pekalongan dinobatkan oleh UNESCO pada tahun 2014 dengan kategori Ceative City of Cratfs and Folk Arts. Namun tantangan terberat saat ini adalah era disruptive technology yang menuntut kualitas sumber daya manusia yang baik dalam menguasai teknologi dan pandemi covid-19 yang mengakibatkan kinerja pemasaran UMKM batik menurun drastis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, digital marketing serta religiusitas terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kota Pekalongan selama pandemic covid-19. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Dengan menggunakn sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisi data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian ini adalah inovasi produk, digital marketing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik. sedangkan orientasi pasar dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik. kemudian secara simultan, orientasi pasar, inovasi produk, digital marketing, religiusitas berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kota Pekalongan selama pandemi covid-19 ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Digital Marketing, Religiusitas, Kinerja Pemasaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:01
Last Modified: 27 Mar 2025 04:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item