Pengaruh Sosial Media Instagram, Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Muslim Pada Kuliner Jalan Yos Sudarso Batang)

Artanti, Atmariani (2021) Pengaruh Sosial Media Instagram, Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Muslim Pada Kuliner Jalan Yos Sudarso Batang). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
4117133-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4117133-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
4117133-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Perubahan kuliner di Indonesia mendapatkan kemajuan yang drastis. Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang terus hidup dan berkembang. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga kuliner dikategorikan bisnis yang menjanjikan. Banyaknya keinginan dari konsumen untuk mengkonsumsi sehingga memberikan peluang bagi pengusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Saat ini usaha kuliner sangat banyak dan kompetitif karena kemudahan dalam merintis usaha kuliner. Persaingan dalam bisnis kuliner menuntut agar para pengusaha harus pandai dalam melakukan strategi pemasaran agar dapat menarik minat beli konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang dapat meningkatkan minat beli pada kuliner Jalan Yos Sudarso Batang. Lima variabel yang diduga dapat mempengaruhi minat beli konsumen dengan mediasi kepercayaan Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi konsumen atau warga masyarakat Jalan Yos dan sekitarnya dengan sampel sebanyak 384 responden, dengan pengambilan sampel random sampling dan uji asumsi klasik mendukung untuk penelitian ini. Hasil uji secara parsial pengaruh sosial media terhadap minat beli konsumen arahnya positif dan bersifat signifikan. Kualitas produk terhadap minat beli konsumen secara parsial arahnya positif dan bersifat signifikan. Inovasi produk terhadap minat beli konsumen secara parsial arahnya negatif dan bersifat signifikan. E-WOM terhadap minat beli konsumen secara parsial arahnya positif dan bersifat signifikan. Kepercayaan terhadap minat beli konsumen secara parsial arahnya positif dan bersifat signifikan. Sosial media berpegaruh terhadap kepercayaan konsumen secara parsial arahnya positif dan tidak berpengaruh signifikan. Kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen secara parsial arahnya positif dan tidak berpengaruh signifikan. Inovasi produk terhadap kepercayaan konsumen secara parsial arahnya positif dan signifikan. E-WOM terhadap kepercayaan secara parsial arahnya positif dan signifikan. Hail dari Uji Path bahwa sosial media terhadap minat beli konsumen tidak mampu dimediasi kepercayaan Kualitas produk terhadap minat beli konsumen tidak mampu dimediasi kepercayaan. Inovasi produk terhadap minat beli konsumen mampu dimediasi kepercayaan. E-WOM terhadap minat beli konsumen tidak mampu dimediasi kepercayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sosial Media Instagram, Kualitas Produk, Inovasi Produk, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Minat Beli, Kepercayaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 26 May 2025 08:22
Last Modified: 26 May 2025 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item