Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Fiqih Materi Zakat Fitrah Di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan

Sheptiani, Mahrunisa (2025) Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Fiqih Materi Zakat Fitrah Di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321033_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (543kB)
[img] Text
2321033_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(1).pdf

Download (420kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sheptiani, Mahrunisa. 2025. Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Fiqih Materi Zakat Fitrah Di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: H. Miftahul Huda, M.Ag Kata Kunci: Role Playing dan Pemahaman Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pemahaman siswa dalam pembelajaran, seperti kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, metode yang masih monoton yang membuat siswa bosan untuk belajar, dan banyak siswa yang hanya mengetahui sebatas konsep awal dari materi yang dipelajari, khususnya pada materi zakat fitrah. Salah satu langkah untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan dikarenakan kebanyakan materi fikih itu hanya sebatas pengertian-pengertian saja, oleh karnanya salah satunya yakni metode role playing. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi zakat fitrah di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi zakat fitrah di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: reduksi data dengan mengumpulkan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing di MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan dilaksanakan melalui 3 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Tahap perencanaan, metode role playing yang digunakan yaitu jenis Multiple Role Playing (Bermain Peran Berjamak) yang sudah diterapkan pada mata pelajaran materi zakat fitrah. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, guru membuat RPP agar pembelajaran tersusun dengan baik. (2) Tahap Pelaksanaan, langkah-langkah yang diterapkan pada pembelajaran dengan menggunakan metode role playing sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru. (3) Tahap Evaluasi, bentuk evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI pada materi zakat fitrah dengan metode role playing ialah dengan memberikan pre-test dan post-test dengan bentuk tanya jawab. Untuk membangkitkan motivasi dan aktifnya siswa dalam belajar, guru memberikan reward berupa nilai tambahan bagi siswa yang berani dan menjawab pertanyaan dari guru dengan benar. Adapun faktor pendukung yang ada meliputi fasilitas yang memadai, kegiatan pembelajaran yang teratur, berperan aktifnya siswa, dan pembelajaran yang menarik. Sedangkan faktor penghambat meliputi siswa yang kurang paham dengan metode role playing, kurangnya respon baik siswa, dan pembelajaran yang kurang terkondisikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Role Playing dan Pemahaman Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 May 2025 06:07
Last Modified: 27 May 2025 06:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item