Wardah, Roikha (2025) Penerapan Metode Bernyanyi (Kisah Lahirnya Nabi Muhammad Saw) dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321064_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
2321064_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Download (365kB) |
Abstract
ABSTRAK Wardah, Roikha, 2025. Penerapan Metode Bernyanyi (Kisah Lahirnya Nabi Muhammad Saw) dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Ely Mufidah, S.Ag., M.S.I. Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode bernyanyi merupakan sebuah teknik pembelajaran berupa nyanyian yang berisi lirik-lirik tertentu yang sudah disesuaikan dengan materi pembelajaran, bernyanyi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah mata pelajaran yang mengandung asal mula Islam, diawali dengan hikayat orang-orang Arab sebelum keIslaman, hikayat terkait kelahiran Nabi Muhammad Saw, sampai khalifah empat yang pertama masuk Islam. Rumusan masalah dalam hal ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode bernyanyi (kisah lahirnya Nabi Muhammad Saw) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan ? 2) Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi (kisah lahirnya Nabi Muhammad Saw) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode bernyanyi Kertijayan (kisah lahirnya Nabi Muhammad Saw) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi (kisah lahirnya Nabi Muhammad Saw). dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Kertijayan. Jenis penelitian ini yaitu field reseach (penelitian lapangan), dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1) Penerapan metode bernyanyi yang dilaksanakan di MIS Kertijayan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penerapan metode bernyanyi dapat diikuti oleh peserta didik dengan gairah semangat yang tinggi dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi kisah lahirnya Nabi Muhammad Saw. 2) Kelebihan metode bernyanyi yaitu membantu mempermudah pemahaman, menciptakan semangat belajar, dan melatih daya ingat. Sedangkan kekurangan metode bernyanyi yaitu kurang cocok untuk peserta didik yang pendiam atau introvert dan guru harus lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 06:13 | ||||||||
Last Modified: | 27 May 2025 06:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |