Safitri, Amelia (2025) Penggunaan Model Pembelajaran Show And Tell Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321112_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
2321112_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Download (318kB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Amelia. 2025. Penggunaan Model Pembelajaran Show And Tell Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi PGMI, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan, Pembimbing: Diah Puspitaningrum, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia Model pembelajaran Show and Tell adalah kegiatan menunjukkan sesuatu kepada audiens dan menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu itu. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan (2) Bagaimana perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran show and tell? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa I ndonesia kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas 1 sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran show and tell pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan perwakilan siswa, serta observasi di kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pembelajaran, keabsahan data melalui teknik triangulasi teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran show and tell dalam melatih keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran model pembelajaran show and tell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah ketika sebelum penggunaan model pembelajaran show and tell siswa merasa malu dan kurang percaya diri ketika berbicara didepan umum karena belum terbiasa berbicara didepan umum, setelah penggunaan model pembelajaran show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pekajangan lebih percaya diri ketika berbicara didepan umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 06:10 | ||||||||
Last Modified: | 27 May 2025 06:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |