Exploring Efl Students’ Strategies In Learning Pronunciation Using Tiktok

Lefiana, Sinta (2025) Exploring Efl Students’ Strategies In Learning Pronunciation Using Tiktok. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521008_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2521008_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2521008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh siswa EFL (English as a Foreign Language) untuk meningkatkan keterampilan pelafalan mereka melalui TikTok, sebuah platform media sosial yang populer. Pelafalan merupakan elemen penting dalam pembelajaran bahasa, namun banyak pelajar EFL mengalami kesulitan dalam pelafalan yang akurat karena keterbatasan paparan terhadap penutur asli dan kurangnya kesempatan berlatih. TikTok menawarkan fitur-fitur interaktif, seperti duet dan tutorial, yang memungkinkan siswa menirukan pelafalan penutur asli, melakukan latihan berulang, dan belajar dalam lingkungan yang tidak formal. Studi kasus kualitatif ini melibatkan lima siswa kelas 11 dari sebuah sekolah menengah atas di Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, yang secara aktif menggunakan TikTok untuk pembelajaran mandiri. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan analisis konten aktivitas TikTok para siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan taksonomi strategi pembelajaran bahasa menurut Oxford, termasuk strategi memori, kognitif, kompensasi, dan metakognitif. TikTok mendorong pembelajaran yang diatur secara mandiri, meningkatkan motivasi, dan mengurangi kecemasan saat berbicara. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis terhadap peran media sosial dalam pendidikan bahasa serta menyarankan bahwa platform seperti TikTok dapat diintegrasikan ke dalam praktik pengajaran untuk mendukung pembelajaran pelafalan secara inovatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Berbicara; Siswa EFL; Strategi Pembelajaran; Pengucapan; TikTok.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:42
Last Modified: 23 Jun 2025 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item