Khasanah, Rofiatun (2025) Portraying EFL Learners’ Informal Digital Learning of English (IDLE) Pronunciation Through English-Language Films. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521061_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2521061_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2521061_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana film berbahasa Inggris dapat membantu pelajar EFL (English Foreign Language) mengalami pelafalan autentik dalam kerangka IDLE (Informal Digital Learning of English) dan mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi dalam menggunakan pendekatan ini untuk meningkatkan keterampilan pelafalan mereka. Menggunakan desain studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan empat pelajar EFL dari Pekalongan yang secara rutin berinteraksi dengan film berbahasa Inggris sebagai bagian dari pembelajaran mandiri mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara dan jurnal refleksi diri untuk menangkap pengalaman peserta, strategi belajar, dan hambatan yang dihadapi dalam berlatih pengucapan. Temuan menunjukkan bahwa peserta memilih film autentik dengan dialog penutur asli untuk terpapar pada model pengucapan alami, menggunakan strategi seperti menirukan langsung (shadowing), mendengarkan ulang (re-listening), dan merekam diri sendiri untuk meningkatkan keterampilan pengucapan mereka. Mereka juga merefleksikan kemajuan mereka dan mengintegrasikan pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan proses ini menyenangkan dan mandiri. Namun, peserta menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan kesempatan untuk menggunakan kosakata baru dalam percakapan nyata, masalah manajemen waktu, dan kesulitan dalam menafsirkan subtitle yang tidak selalu sesuai dengan dialog yang diucapkan. Secara keseluruhan, studi ini menyoroti potensi film berbahasa Inggris dalam IDLE untuk mendukung keterampilan pengucapan pembelajar EFL sambil juga menyoroti hambatan kunci yang perlu diatasi untuk mengoptimalkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Inggris Digital Informal (IDLE), pengucapan, film berbahasa Inggris, pembelajar EFL, hambatan. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:38 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |