Implementasi Metode Auditori Kinestetik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā'ah Siswa Kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang

Aman, Fakhrudin (2025) Implementasi Metode Auditori Kinestetik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā'ah Siswa Kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221081_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221081_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221081_Lampiran.pdf

Download (919kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fakhrudin Aman. 2025. “ IMPLEMENTASI METODE AUDITORI KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHĀRAH QIRĀ'AH SISWA KELAS VII MTS AT-TAQWA JATINGARANG BODEH PEMALANG” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A Kata kunci : Metode pembelajaran, auditori kinestetik, mahārah qirā'ah Kenaikan jenjang belajar siswa SD ke MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang membuat masalah muncul, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan muncul ketika siswa tidak mempunyai keterampilan bahasa khususnya mahārah qirā'ah. Menghadapi problematika tersebut, guru harus memecahkan masalah yang ada, salah satunya dengan penerapan metode auditori kinestetik. Rumusan masalah adalah Bagaimana implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang dan Apa kelebihan dan kekurangan implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi metode tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fileld research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang telah terlaksana sesuai dengan aturan pembelajaran. Tahapan pembelajarannya meliputi tahapan perencanaan (mempersiapkan materi, menentukan pembelajaran) tahapan pelaksanaan meliptui (pendahuluan, inti, dan penutup) dan evaluasi. Berdasarkan observasi pada tahap pelaksanaan terdapat metode auditori (tahap mendengarkan audio, yang bersumber dari lisan guru) dan metode kinestetik (mempraktikan gerak fisik atau menyentuh objek pembelajaran), dan sudah sesuai dengan teori. Kelebihan dari penerapan metode ini adalah materi yang mudah dikuasai karena proses pembelajarannya tidak monoton dan melibatkan siswa sebagai subjek pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan pendengaran dan sentuhan objek sangat sesuai dengan gaya belajar siswa yang aktif serta membuat fokus. Adapun kekurangannya adalah lamanya waktu persiapan, tidak semua siswa suka dengan metode tersebut, serta keterbatasan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, auditori kinestetik, mahārah qirā'ah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:29
Last Modified: 03 Jul 2025 03:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item