Aman, Fakhrudin (2025) Implementasi Metode Auditori Kinestetik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā'ah Siswa Kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221081_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221081_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2221081_Lampiran.pdf Download (919kB) |
Abstract
Fakhrudin Aman. 2025. “ IMPLEMENTASI METODE AUDITORI KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHĀRAH QIRĀ'AH SISWA KELAS VII MTS AT-TAQWA JATINGARANG BODEH PEMALANG” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A Kata kunci : Metode pembelajaran, auditori kinestetik, mahārah qirā'ah Kenaikan jenjang belajar siswa SD ke MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang membuat masalah muncul, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan muncul ketika siswa tidak mempunyai keterampilan bahasa khususnya mahārah qirā'ah. Menghadapi problematika tersebut, guru harus memecahkan masalah yang ada, salah satunya dengan penerapan metode auditori kinestetik. Rumusan masalah adalah Bagaimana implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang dan Apa kelebihan dan kekurangan implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi metode tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fileld research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode auditori kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā'ah siswa kelas VII MTs At-Taqwa Jatingarang Bodeh Pemalang telah terlaksana sesuai dengan aturan pembelajaran. Tahapan pembelajarannya meliputi tahapan perencanaan (mempersiapkan materi, menentukan pembelajaran) tahapan pelaksanaan meliptui (pendahuluan, inti, dan penutup) dan evaluasi. Berdasarkan observasi pada tahap pelaksanaan terdapat metode auditori (tahap mendengarkan audio, yang bersumber dari lisan guru) dan metode kinestetik (mempraktikan gerak fisik atau menyentuh objek pembelajaran), dan sudah sesuai dengan teori. Kelebihan dari penerapan metode ini adalah materi yang mudah dikuasai karena proses pembelajarannya tidak monoton dan melibatkan siswa sebagai subjek pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan pendengaran dan sentuhan objek sangat sesuai dengan gaya belajar siswa yang aktif serta membuat fokus. Adapun kekurangannya adalah lamanya waktu persiapan, tidak semua siswa suka dengan metode tersebut, serta keterbatasan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, auditori kinestetik, mahārah qirā'ah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:29 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |