Exploring Self-Regulated English Vocabulary Learning Through Whatsapp: a Study Of Efl Learners at a University in Pekalongan

Rahman, Reza (2025) Exploring Self-Regulated English Vocabulary Learning Through Whatsapp: a Study Of Efl Learners at a University in Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2519127_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2519127_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2521078_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Meskipun WhatsApp telah banyak diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris, penelitian yang mendalam mengenai bagaimana pembelajar EFL mengatur sendiri pembelajaran kosakata masih terbatas di konteks perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola keterlibatan mahasiswa EFL dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang diatur secara mandiri melalui WhatsApp, serta mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi. Penelitian ini merujuk pada model pembelajaran yang diatur sendiri (SRL). Penelitian ini menggunakan desain studi kasus kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui refleksi diri dan wawancara semi terstruktur, dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Partisipan terdiri dari tiga mahasiswa EFL di sebuah universitas di Pekalongan yang menggunakan WhatsApp dalam pembelajaran kosakata secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pembelajar terlibat aktif dalam seluruh fase SRL, meskipun mereka menghadapi berbagai tantangan baik secara pedagogis maupun psikologis. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah partisipan yang kecil, durasi pengumpulan data yang singkat, dan fokus yang belum mencakup perbandingan jenis kosakata yang dipelajari. Oleh karena itu, disarankan agar penelitian selanjutnya melibatkan partisipan yang lebih beragam, memperpanjang durasi studi, serta mengeksplorasi strategi regulasi diri berdasarkan jenis kosakata yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFaradhillah, NadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Regulasi Diri, Kosakata, WhatsApp, Pembelajar EFL
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:18
Last Modified: 08 Jul 2025 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14038

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item