Strategi Peningkatan Akademik dan Non-Akademik pada Pelajaran PAI dalam Bidang Prestasi MAPSI di SMP Salafiyah Pekalongan

Amalia, Nur Luluk (2025) Strategi Peningkatan Akademik dan Non-Akademik pada Pelajaran PAI dalam Bidang Prestasi MAPSI di SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121213_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121213_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121213_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Amalia, Nur Luluk. 2025. Strategi Peningkatan Akademik dan Non-Akademik pada Pelajaran PAI dalam Bidang Prestasi MAPSI di SMP Salafiyah Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Mohammad Syaifuddin, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Akademik, Strategi Non-Akademik, Pendidikan Agama Islam (PAI), MAPSI, Prestasi Siswa, SMP Salafiyah Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi akademik dan non-akademik yang diterapkan pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya meningkatkan prestasi siswa dalam ajang Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) di SMP Salafiyah Pekalongan, serta mengungkap implikasi dari pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, siswa peserta lomba MAPSI, dan orang tua siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi akademik meliputi seleksi siswa berpotensi sejak proses PPDB, pembinaan intensif melalui program Takhasus, pelibatan guru PAI dan pelatih eksternal, serta integrasi materi lomba ke dalam pembelajaran PAI. Strategi non-akademik dilaksanakan melalui pembinaan minat dan bakat siswa secara berkelanjutan, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung lomba, pemberian motivasi oleh guru dan orang tua, serta sistem penghargaan bagi siswa berprestasi. Pelaksanaan strategi tersebut memberikan implikasi positif, seperti keberhasilan meraih juara MAPSI tingkat kota dan provinsi, kemudahan dalam identifikasi bakat siswa, peningkatan makna pembelajaran, pembinaan yang terjadwal dan sistematis, serta terbangunnya sinergi antara guru dan orang tua dalam mendukung prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Akademik, Strategi Non-Akademik, Pendidikan Agama Islam (PAI), MAPSI, Prestasi Siswa, SMP Salafiyah Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:35
Last Modified: 14 Jul 2025 04:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item