Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pekalongan Utara

Arzaq, Muhammad Yusril (2025) Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pekalongan Utara. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50322015 - Bab I & Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50322015 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50322015 - Lampiran.pdf

Download (735kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Pekalongan Utara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa beberapa guru tidak menyelesaikan tugas administrasi yang diberikan oleh kepala madrasah sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Selain itu, terdapat permasalahan keterlambatan kehadiran guru, yang menyebabkan jam mengajar tidak berjalan secara optimal. Fenomena lain yang ditemukan adalah keterlibatan guru dalam kegiatan di luar agenda sekolah seperti organisasi kemasyarakatan yang dilakukan pada jam sekolah, sehingga menyebabkan proses pembelajaran di kelas tidak berjalan maksimal. Permasalahan-permasalahan ini menjadi latar belakang dilakukannya penelitian mengenai peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana implementasi supervisi kepala madrasah mengenai kedisiplinan guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Pekalongan Utara? (2) Bagaimana dampak dari pelaksanaan supervisi kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi supervisi kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru, menganalisis dampak dari supervisi tersebut, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru-guru yang berada di lingkungan MI se-Kecamatan Pekalongan Utara. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah telah dirancang secara terstruktur dan dilaksanakan secara berkala setiap semester. Tahapan supervisi meliputi penyusunan instrumen supervisi, penjadwalan, sosialisasi kepada guru, pelaksanaan supervisi, hingga evaluasi hasil. Dampak dari pelaksanaan supervisi ini antara lain meningkatnya kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas, meningkatnya kualitas kinerja, serta tumbuhnya profesionalisme dalam menjalankan tanggung jawab sebagai pendidik. Adapun faktor pendukung implementasi supervisi meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, kesiapan guru dalam menerima evaluasi, serta tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan supervisi. Sementara itu, faktor penghambat yang ditemukan adalah kesulitan dalam menyinkronkan jadwal guru dan kepala madrasah, serta perlunya waktu yang berkelanjutan dalam proses evaluasi dan tindak lanjut supervisi agar hasilnya maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, Umi198407102023212033UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:58
Last Modified: 11 Jul 2025 01:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item