Kusumaningtyas, Oktaviana (2025) The use of drilling technique in learning english vocabulary through songs in primary school. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2521019_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (462kB) |
|
|
Text
2521019_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
|
Text
17 ENCLOSURE revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Teknik drilling through songs digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, khususnya untuk membantu siswa mempelajari kosakata dengan cara yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman dan kendala siswa dan guru selama proses pembelajaran kosakata menggunakan teknik drill through songs. Secara khusus, penelitian ini menyelidiki pengalaman mereka dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan desain penyelidikan naratif. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi terhadap guru dan siswa di salah satu sekolah dasar di Pekalongan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik berdasarkan model Braun dan Clarke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa menunjukkan perasaan positif selama pembelajaran kosakata menggunakan lagu, seperti merasa senang, bersemangat, dan lebih percaya diri dalam menulis kosakata bahasa Inggris, (2) lagu membantu siswa mengingat dan memahami kosakata dengan lebih mudah, (3) guru merasa bahwa lagu membuat proses pengajaran lebih mudah dan mendorong keterlibatan siswa secara aktif di kelas, (4) Tantangan juga ditemukan, seperti kesulitan siswa dalam keterampilan menulis yang selama ini terdengar karena perbedaan pengucapan dan ejaan, serta perlunya guru menyesuaikan lagu dengan tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini menyarankan penggunaan teknik latihan berbasis lagu sebagai teknik pembelajaran karena memberikan pengalaman belajar yang positif bagi siswa sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Teknik latihan, lagu, pembelajaran kosakata, Sekolah dasar, Inkuiri naratif | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:29 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 09:50 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
