Annisa, Larasati (2025) Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media loose parts pada anak usia 4-5 tahun di TK Kenanga Karanganyar Kecamatan Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2418031_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2418031_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
2418031_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun merupakan konsep matematika yang perlu diberikan dan dikenalkan pada anak secara bertahap sesuai dengan tingkat penguasaan anak yaitu berupa bilangan, pola sebab akibat, geometri, dan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media loose parts pada anak usia 4-5 tahun di TK Kenanga Karanganyar Kecamatan Tirto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 13 anak usia 4-5 tahun TK Kenanga Karanganyar Kecamatan Tirto yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (check list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan presentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media loose parts dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Kenanga Karanganyar Kecamatan Tirto dengan Persentase kategori pada Pra Siklus diperoleh hasil pada kategori rendah 30,77% dan kurang 69,9%. Pada Siklus I diperoleh hasil pada kategori Kurang 53,84%, kategori Cukup Tinggi 46,16%. Pada Siklus II diperoleh hasil pada kategori Cukup Tinggi 23,08%, kategori Tinggi 76,92%. Oleh karena itu terdapat peningkatan pada Siklus I sebanyak 41,97% dan peningkatan pada Siklus II sebanyak 31,10%. Pada Siklus II dengan hasil kategori cukup tinggi 23,08%, kategori Tinggi 76,92% dengan skor rata-rata 51, dan termasuk dalam kategori Tinggi menunjukkan bahwa peningkatan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Kenanga Karanganyar Kecamatan Tirto sudah mencapai ketuntasan indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti dengan capaian melebihi 75%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Beginning counting, loose parts | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:23 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:56 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
