Opportunities and Challenges in Learning Vocabulary Through Instant Messaging on Fiver: A Narrative Inquiry

Firdaus, Ali Usman (2025) Opportunities and Challenges in Learning Vocabulary Through Instant Messaging on Fiver: A Narrative Inquiry. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521077_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521077_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2521077_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Perolehan kosakata memegang peran penting dalam membantu pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) untuk berkomunikasi secara efektif dalam konteks dunia nyata. Sementara metode tradisional lebih menekankan pada pembelajaran di ruang kelas, penelitian ini mengeksplorasi pendekatan alternatif melalui interaksi real-time pada fitur pesan instan di platform Fiverr. Dengan menggunakan metode narrative inquiry, penelitian ini melibatkan dua penjual jasa di Fiverr yang rutin berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan klien internasional. Temuan menunjukkan bahwa perolehan kosakata terjadi secara insidental dan kontekstual melalui diskusi proyek, umpan balik, dan negosiasi. Meskipun menghadapi tantangan seperti ungkapan idiomatik, tekanan waktu, dan minimnya umpan balik eksplisit, partisipan mengalami peningkatan kepercayaan diri dan penggunaan kosakata seiring waktu. Studi ini mengungkap bahwa platform digital profesional seperti Fiverr dapat menjadi lingkungan otentik dan dinamis untuk pembelajaran kosakata. Hasilnya memberikan implikasi praktis bagi pendidik, perancang kurikulum, dan pembelajar yang ingin mengintegrasikan alat komunikasi profesional ke dalam pengajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perolehan Kosakata, Pesan Instan, Fiverr, Pembelajar EFL
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:41
Last Modified: 15 Jul 2025 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item View Item