Murtadho, Marwan (2025) Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Setiap Pergantian Materi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Pemahaman Siswa Kelas Iv Di Mi Walisongo Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid.
![]() |
Text
2321142_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (984kB) |
![]() |
Text
2321142_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2321142_Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Marwan Murtadho. 2025. Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test Setiap Pergantian Materi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV di MI Walisongo Pekajangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dian Rif’iyati M.S.I Kata Kunci: Pre-Test, Post-Test, Pemahaman Siswa, Al-Qur’an Hadist Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sangat dipengaruhi oleh metode Peningkatan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran merupakan tujuan utama pendidikan, terutama dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga nilai-nilai spiritual. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah melalui pemberian evaluasi formatif berupa pre-test dan post-test setiap pergantian materi. Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan umpan balik bagi siswa dan guru dalam mengukur serta memperbaiki proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui pengaruh strategi evaluasi tersebut terhadap tingkat pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian pre-test dan post-test setiap pergantian materi terhadap pemahaman siswa kelas IV dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Walisongo Pekajangan, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh penerapan pre-test dan post-test terhadap peningkatan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, serta pengukuran nilai pre-test dan post-test. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan hasil yang menunjukkan seluruh item valid dan reliabel (nilai Cronbach's Alpha = 0,870). Analisis data dilakukan melalui uji korelasi Pearson Product Moment, serta perhitungan koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian pre-test dan post-test terhadap pemahaman siswa, dengan nilai korelasi Pearson sebesar r = 0,711 dan signifikansi p = 0,000. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (r²) sebesar 50%, yang berarti bahwa pemberian pre-test dan post-test memberikan kontribusi sebesar 50% terhadap peningkatan pemahaman siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pre-Test, Post-Test, Pemahaman Siswa, Al-Qur’an Hadist | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:21 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |