Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Pjok Materi Sepak Bola Di Sdn Tirto 03

Fahrizal, Muhammad Anas (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Pjok Materi Sepak Bola Di Sdn Tirto 03. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321031_Cover_Bab I Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321031_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Fahrizal, Muhammad Anas, 2025, Penerapan Metode Role Playing Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran PJOK Materi Sepak Bola Di SDN Tirto 03. Skkripsi fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) Uiniversitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembmbing Andung Dwi Haryanto, M,Pd. Kata Kunci: Role Playing, PJOK, Berpikir Kreatif, Sepak Bola, Pembelajaran Aktif Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Tirto 03 dalam pembelajaran PJOK materi sepak bola. Siswa cenderung pasif, kurang mampu menyusun strategi bermain, serta tidak terbiasa mengambil keputusan secara mandiri selama aktivitas berlangsung. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan sebelumnya masih bersifat konvensional dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses berpikir dan berkreasi. Bertolak dari permasalahan yang telah diuraikan, penelitian ini dirancang untuk menjawab pertanyaan utama: bagaimana penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran PJOK khususnya pada materi sepak bola, serta sejauh mana metode tersebut berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara mendalam proses penerapan metode Role Playing, sekaligus mengungkap pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN Tirto 03 Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif melalui metode penelitian lapangan (field research). Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga teknik utama, yakni observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi sebagai pelengkap informasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK serta siswa kelas V di SDN Tirto 03. Seluruh data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif, yang mencakup proses kondensasi data, penyajian data secara sistematis, hingga penarikan kesimpulan sebagai tahap akhir Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing diterapkan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang melibatkan siswa secara aktif sesuai peran masing-masing. Metode ini efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, ditunjukkan melalui kelancaran ide, keluwesan berpikir, keaslian gagasan, dan kepekaan terhadap situasi permainan. Faktor pendukung meliputi kesiapan guru, fasilitas memadai, dan antusiasme siswa, sedangkan hambatannya berupa keterbatasan waktu dan rasa kurang percaya diri sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Role Playing, PJOK, Berpikir Kreatif, Sepak Bola, Pembelajaran Aktif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:25
Last Modified: 17 Jul 2025 03:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item