Sudiharjo, Bagus Tri Buwono (2025) Upaya guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam memaksimalkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid.
![]() |
Text
2121245_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121245_Full Teks.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2121245_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan peserta didik. Dalam konteks Pendidikan formal, guru menjadi ujung tombak dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu indikator keberhasilan tersebut dapat dilihat dari prestasi belajar siswa, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis tidak hanya dalam membentuk pemahaman keagamaan, tetapi juga dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang turut mempengaruhi sikap serta semangat belajar siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, guru dituntut untuk terus meningkatakan kualitas proses pembelajaran melalui berbagai pendekatan dan strategi. Dalam hal ini, peran guru PAI dalam memaksimalkan prestasi belajar siswa menjadi hal yang sangat penting untuk diteliti lebih lanjut. Strategi yang diterapkan oleh guru, mulai dari perencanaan pembelajaran hingga evaluasi hasil belajar, akan menentukan seberapa besar dampak yang ditimbulkan terhadap perkembangan siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memaksimalkan prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui hasil dari Upaya tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kedungwuni dengan objek penelitian yaitu guru PAI. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Hubberman, dan Saldana, yang meliputi tahap kondensasi data, penyajian data (data display), serta penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbagai Upaya yang dilakukan oleh guru PAI memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Upaya-upaya tersebut antara lain yaitu perencanaan pembelajaran yang matang, partisipasi dalam pelatihan Pendidikan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, pemilihan media yang relevan, pemberian motivasi belajar, serta pelaksanaan evaluasi secara berkala. Hasil dari Upaya-upaya tersebut terlihat pada peningkatan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peningkatan ini tidak hanya terbatas pada aspek akademik, akan tetapi juga mencakup asepek non-akademik, yang secara keseluruhan mencerminkan efektivitas strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Prestasi Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | M Rifqi Abdul Khakim | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |