Gallery walk to address teachers’ challenges in differentiated instruction

Istiqomah, Diyah (2025) Gallery walk to address teachers’ challenges in differentiated instruction. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521031_Cover_bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2521031_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam praktik pembelajaran, guru sering menjumpai keberagaman siswa, mulai dari perbedaan gaya belajar hingga kebutuhan akademik yang spesifik. sehingga diperlukan pendekatan seperti Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) guna mendukung proses belajar yang bermakna bagi setiap siswa. Namun, penerapan DI menghadapi beberapa tantangan, seperti masalah manajemen kelas, keterbatasan sumber daya, dan terbatasnya waktu pembelajaran. Studi ini mengkaji penggunaan metode Gallery Walk sebagai strategi untuk mengatasi tantangan-tantangan ini di kelas bahasa Inggris. Melalui studi kasus kualitatif, data dikumpulkan dari wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas dengan seorang guru bahasa Inggris di sebuah SMK di Pekalongan. Temuan penelitian menyatakan bahwa berdasarkan observasi guru, siswa tampak lebih terlibat selama proses pembelajaran ketika metode Gallery Walk digunakan, karena metode ini mengakomodasi beragam gaya belajar mereka, termasuk gaya belajar kinestetik, auditori, dan visual. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, terutama selama kegiatan berbicara, di mana mereka menunjukkan kepercayaan diri dan kemauan yang lebih besar untuk mengekspresikan diri. Penggunaan metode ini juga mendukung dinamika kelas yang lebih interaktif, karena siswa sering terlibat dalam diskusi dan tugas kolaboratif. Selain itu, fleksibilitas metode Gallery Walk memungkinkan guru untuk menyesuaikan konten dan tugas berdasarkan beragam kemampuan dan kebutuhan siswa, yang mendukung pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa Gallery Walk dapat menjadi strategi untuk mengatasi tantangan penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi di berbagai lingkungan kelas, menawarkan pembelajaran yang diambil dari pengalaman kelas untuk menginformasikan dan melatih keterampilan mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros Meiliana198605092023212043UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Differentiated instruction, gallery walk, teacher strategies
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:22
Last Modified: 28 Oct 2025 07:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item View Item