Estu, Fitriana Rifka (2025) Pemahaman Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas XI MAN Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
RIFKA ESTU FITRIANA_2121300_Bab I & Bab 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
RIFKA ESTU FITRIANA_2121300_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
RIFKA ESTU FITRIANA_2121300_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat pemahaman peserta didik kelas XI MAN Pemalang terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam konteks pembelajaran berbasis teknologi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh semakin berkembangnya teknologi pendidikan yang memengaruhi cara guru dan siswa berinteraksi dalam proses pembelajaran, termasuk dalam pendidikan agama. Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan interaksi langsung, kurangnya pembiasaan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari, serta variasi tingkat literasi digital di kalangan siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya sinergi antara pemanfaatan teknologi dan pendekatan pembentukan karakter yang lebih kontekstual. Guru, madrasah, dan peserta didik perlu bekerja sama agar pemahaman Aqidah Akhlak tidak hanya berhenti pada tataran intelektual, tetapi juga tercermin dalam sikap dan perilaku. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi memberikan dampak positif terhadap pemahaman kognitif siswa, khususnya dalam memahami konsep-konsep dasar Aqidah dan Akhlak. Media digital seperti video pembelajaran, kuis interaktif, dan platform e-learning mempermudah siswa dalam menerima dan memahami materi. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun aspek kognitif mengalami peningkatan, pemahaman afektif dan psikomotorik siswa belum optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak, Pemahaman Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis Teknologi. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |