Setiawan, Arif (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Penguasaan Mufrodat Pada Materi “Arriyadhah” Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di SMP Sains Cahaya Al Qur’an Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Uin K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2220121_ARIF SETIAWAN_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2220121_ARIF SETIAWAN_Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
2220121_ARIF SETIAWAN_Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong lahirnya berbagai inovasi media pembelajaran, salah satunya adalah media berbasis PowerPoint interaktif yang mampu menyajikan materi secara visual, menarik, dan komunikatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada penguasaan mufrodat (kosakata). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif guna meningkatkan penguasaan mufrodat pada materi ar-riyāḍah di kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam penguasaan mufrodat pada materi ar-riyāḍah bagi siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al Qur’an Kota Pekalongan; (2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran tersebut; serta (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PowerPoint interaktif terhadap peningkatan penguasaan mufrodat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Data diperoleh melalui validasi ahli media dan ahli materi, serta uji coba lapangan dengan pendekatan kuantitatif melalui instrumen pretest dan posttest. Validasi ahli media memperoleh skor 65 dengan rata-rata kelayakan 95,8%, dan validasi ahli materi memperoleh skor 45 dengan rata-rata kelayakan 93,75%, yang keduanya dikategorikan sangat layak. Produk akhir berupa media PowerPoint interaktif menyajikan materi mufrodat, qirā’ah, dan qawā‘id dengan dukungan gambar, audio, animasi, dan permainan edukatif. Hasil uji coba lapangan menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretest sebesar 37,39 menjadi 90,43 pada posttest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah penggunaan media. Dengan demikian, media PowerPoint interaktif efektif dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan partisipatif. Media ini dapat menjadi alternatif yang aplikatif bagi guru dalam menyampaikan materi Bahasa Arab secara inovatif, serta mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan media berbasis teknologi dalam ranah pendidikan Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Pembelajaran Bahasa Arab, Powerpoint, Interaktif, Mufrodat, ADDIE, R&D | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |