Pramudyani., Mavada (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX MTs Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120158_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2120158_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2120158 Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android guna meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX MTs Negeri Batang. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di MTs Negeri Batang masih bersifat konvensional, minim penggunaan media interaktif, dan menyebabkan rendahnya minat serta pemahaman siswa terhadap materi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android yang memuat materi Akidah Akhlak, khususnya topik adab kepada saudara, teman, dan tetangga, dilengkapi dengan animasi, video, dan kuis interaktif. Aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint, kemudian diekstrak ke format HTML dengan iSpring Suite, dan dikonversi menjadi file APK menggunakan Website2 APK Builder, sehingga dapat diakses secara luring. Proses pengembangan mengikuti model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap. Pertama, pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan siswa dan pemanfaatan sarana prasarana. Selanjutnya, pada tahap desain, dibuat storyboard aplikasi yang menarik serta mudah digunakan. Pada tahap pengembangan, media pembelajaran dirancang dengan fitur-fitur seperti materi dan kuis game, untuk meningkatkan interaksi siswa. Setelah media dikembangkan, tahap implementasi dilakukan dengan menguji aplikasi pada siswa kelas IX dan mengumpulkan umpan balik dari siswa dan guru untuk perbaikan. Terakhir, pada tahap evaluasi, dilakukan analisis efektivitas media melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Dengan demikian, penelitian ini berfokus pada pengembangan media yang efektif untuk mendukung pembelajaran Akidah Akhlak. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Android ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX MTs Negeri Batang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran konvensional dan memberikan kontribusi positif dalam praktik pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Android, Akidah Akhlak, Pemahaman Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:03 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |