Alfina Rizqi, Salsabila (2025) Implementasi Metode Sing a song Dalam Membantu Penguasaan Vocabulary Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas I-C Di MSI VIII Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
2321009_BAB I dan BAB 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321009_FULLTEXT..pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321009_LAMPIRAN..pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai implementasi metode sing a song dalam membantu penguasaan vocabulary pada pembelajaran bahasa Inggris kelas I-C di MSI VIII Medono kota Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa kelas 1 mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata bahasa Inggris, yang berdampak pada prestasi belajar mereka. Hal tersebut menyebabkan adanya penerapan metode sing a song pada pembelajaran bahasa Inggris untuk menanggulani kesulitan dalam menguasai kosakata bahasa Inggris siswa kelas I-C. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Sing a song dalam membantu penguasaan vocabulary pada pembelajaran bahasa inggris kelas I-C di MSI Medono VIII kota Pekalongan?, bagaimana hasil pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan metode Sing a song pada pembelajaran bahasa inggris kelas I-C di MSI Medono VIII kota Pekalongan?, Apa kekurangan dan kelebihan menggunakan pembelajaran metode Sing a song dalam membantu penguasaan vocabulary pada pembelajaran bahasa inggris kelas I-C di MSI Medono VIII kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi, hasil pembelajaran, serta kelebihan dan kekurangan metode Sing a song dalam membantu penguasaan vocabulary pada pembelajaran bahasa inggris kelas I-C di MSI Medono VIII kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data utama yang diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas I-C dan siswa kelas IC, serta pengamatan langsung di kelas I di MSI VIII Medono kota Pekalongan. Data tambahan dikumpulkan dari dokumentasi yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Untuk memastikan validitas data, digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah utama: penyaringan data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan akhir berdasarkan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan adanya implementasi metode sing a song dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas I-C di MSI VIII Medono Pekalongan. Pada pengimplementasiannya guru membagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan x mengimplementasikan metode sing a song pada pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu penguasaan vocabulary, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai tujuan pembelajaran setelah melaksanakan metode sing a song pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas I-C. Kelebihan metode metode sing a song pada pembelajaran bahasa inggris di kelas I-C antara lain: membangkitkan semangat belajar siswa, memudahkan dalam menghafalkan vocabulary, dan meningkatkan partisipasi siswa. Adapun kekurangan metode sing a song pada pembelajaran bahasa inggris di kelas IC antara lain: Kurang cocok diterapkan pada siswa yang pemalu dan tidak suka be.rnyanyi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | penguasaan vocabulary bahasa Inggris, metode sing a song, Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:56 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |