Shokhia, Nailullina (2025) Teachers' Practices And Challenges In Using Preview, Question, Read, Summarize, And Test (Pqrst) Strategy In Teaching Reading Comprehension. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521043_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2521043_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2521043_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, dan Test) merupakan salah satu strategi terstruktur yang digunakan untuk mengajar pemahaman membaca. Meskipun strategi ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa, penerapannya ini seringkali menghadirkan berbagai tantangan bagi guru yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik guru ketika menggunakan strategi PQRST dalam mengajar pemahaman membaca serta mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi selama proses tersebut. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus, yang melibatkan dua guru Bahasa Inggris di sebuah Madrasah Tsanawiyah di Batang, Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi PQRST melalui lima langkah, yaitu: mempratinjau teks, membuat pertanyaan, membaca untuk mencari jawaban, merangkum informasi penting, dan menguji pemahaman. Namun, guru menghadapi beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, dan masalah terkait keterlibatan siswa. Temuan ini menegaskan bahwa meskipun penerapan strategi PQRST memiliki potensi untuk mendukung pemahaman membaca siswa, efektivitasnya sangat bergantung pada manajemen waktu, dukungan yang sesuai untuk kemampuan siswa yang beragam, serta mempertahankan keterlibatan siswa selama proses berlangsung. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi guru terkait penggunaan strategi membaca terstruktur di dalam kelas. Kata kunci: Strategi PQRST, mengajar pemahaman membaca, praktik guru, tantangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi PQRST, mengajar pemahaman membaca, praktik guru, tantangan | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:42 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |