Maolana, Lukni (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WIRADESA. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
2119206_LUKNI MAOLANA_COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
2119206_LUKNI MAOLANA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
Text
2119206_LUKNI MAOLANA_LAMPIRAN_CV.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya berbagai masalah tentang kesulitan memahami materi pembelajaran, keterbatasan akses informasi, baik melalui buku maupun internet, faktor internal dan faktor eksternal juga dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik. Rumusan dalam penelitian ini adalah upaya untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Wiradesa melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 1 Wiradesa. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi baik kepada satuan pendidikan, peserta didik dan orang tua. Sehingga dengan penelitian ini dapat memberikan solusi bagi dunia pendidikan untuk mengatasi kesulitan belajar yang terjadi saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik dan analisis data interaktif meliputi kondensasi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka dapat mengatasi kesulitan belajar melalui perencanaan berupa persiapan guru Pendidikan Agama Islam, mengikuti kegiatan pelatihan, menyusun perangkat pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, penyusunan media dan sumber belajar yang inklusif. Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutupan. Evaluasi dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan melakukan proses penilaian seperti penilaian formatif dan penilaian sumatif. penutup. Kurikulum Merdeka dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena dengan Kurikulum Merdeka siswa lebih aktif dan bisa mengeksplorasi kemampuan belajar mereka sesuai minat dan bakatnya. Pada pembahasan dijelaskan bahwa pendidik menggunakan beberapa metode yang menarik sehingga siswa tidak bosan dan pembelajaran lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Kesulitan Belajar,Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:54 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |