Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Perilaku Konsumtif Pada Online Shop Marketplace Facebook (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017)

Rismawati, Eka (2022) Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Perilaku Konsumtif Pada Online Shop Marketplace Facebook (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017). Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117206_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4117206_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4117206_Lampiran.pdf

Download (476kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara orientasi belanja, kepercayaan dan pengalaman pembelian online terhadap perilaku konsumtif pada online shop marketplace facebook (studi kasus mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan angkatan 2017). Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 407 mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2017 dengan mengambil sampel sebesar 81 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan uji T diketahui bahwa variabel orientasi belanja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). 2) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan uji T diketahui bahwa t variabel kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). 3) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan uji T diketahui bahwa variabel pengalaman pembelian (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). 4) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan uji F diketahui bahwa variabel orientasi belanja (X1), kepercayaan (X2), dan pengalaman pembelian (X3) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y). Dan koefisien Determinasi sebesar 42,7% yang artinya perilaku konsumtif (Y) dapat dijelaskan oleh variabel orientasi belanja (X1), kepercayaan (X2) dan pengalaman pembelian (X3) sebsar 42,7, sedangkan sisanya 57,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Aris MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Orientasi Belanja, Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Perilaku Konsumtif.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:14
Last Modified: 07 Aug 2025 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15609

Actions (login required)

View Item View Item