Implementasi Metode Language Immersion Dalam Pembelajaran Maha<Rah Al-Kala<M Santri Kelas Ii Kmi Pondok Modern Tazakka Batang

Hasta Rofiqy, Febi (2025) Implementasi Metode Language Immersion Dalam Pembelajaran Maha<Rah Al-Kala<M Santri Kelas Ii Kmi Pondok Modern Tazakka Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
SKRIPSI @bab 1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi fix full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Febi, Hasta, Rofiqy. 2025. Implementasi Metode Language Immersion Dalam Pembelajaran Maha>rah Al-Kala>m Santri Kelas II KMI Pondok Modern Tazakka Batang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Jauhar Ali, M. Pd. I Kata Kunci : Implementasi Metode Language Immersion dan Pembelajaran Maha>rah Al-Kala>m Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas II KMI Pondok Modern Tazakka Batang akibat kurangnya praktik sehari-hari dan minimnya penguasaan mufrada>t. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan metode language immersion dengan tujuan meningkatkan keterampilan maha>rah al-kala>m. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan metode tersebut serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan Kesimpulan guna menghasilkan temuan yang valid mengenai efektivitas penerapan language immersion dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode language immersion dalam pembelajaran maha>rah al-kala>m santri kelas II KMI Pondok Modern Tazakka Batang terdapat tiga tahapan. pertama, tahap perencanaan, di mana pengajar menyusun‘idad tadri>s sebagai pedoman pengajaran. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Ketiga, tahap evaluasi yang dilakukan melalui test satu persatu santri dan pemberian tugas latihan soal pada kitab duru>s al-lughah. Faktor pendukung metode ini antara lain ciptakan lingkungan berbahasa yang konsisten, libatkan seluruh komponen pondok, pembiasaan melalui jadwal harian seperti; 1) Ilqa>’ Mufrada>t, 2) muh}a>das}ah s}abah}iyyah, 3) muh}a>d}arah 3 bahasa, 4) language cinema, 5) laporan harian berbahasa Arab, gunakan media dan teknologi berbasis bahasa Arab, serta evaluasi dan budaya disiplin bahasa. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya konsistensi lingkungan berbahasa, pembawaan materi bahasa Arab yang monoton, rendahnya motivasi berbahasa santri, dan keterbatasan kosakata dan struktur bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Language Immersion dan Pembelajaran Maha>rah Al-Kala>m
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:09
Last Modified: 10 Oct 2025 08:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item