Bela Widiyawati, Nanda (2025) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Dalam Menghafal Mufradat Pada Siswa Kelas Vii Mts Terpadu Darul Qudwah Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAPUS_NANDA BELA WIDIYAWATI.pdf Download (8MB) |
|
|
Text
FULL TEXT_NANDA BELA WIDIYAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_NANDA BELA WIDIYAWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Widiyawati, Bela, Nanda. 2025. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Penguasaan Menghafal Mufradat Pada Siswa Kelas VII MTs Terpadu Darul Qudwah Kabupaten Tegal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dr.H.Abdul Khobir, M.Ag. Kata Kunci : Mufrodat, Bahasa Arab, Kesulitan Belajar Penguasaan mufrodat merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab karena menjadi dasar pemahaman terhadap keterampilan berbahasa lainnya seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Akan tetapi pada MTs Terpadu Darul Qudwah kini terdapat beberapa siswa dengan latar belakang pendidikannya yaitu mayoritas dari SD, hal ini juga salah satu yang menyebabkan siswa merasa kesulitan ketika menghafal mufrodat, karena sebelumnya mereka juga tidak pernah mempelajari bahasa Arab. Berbeda dengan yang lulusan dari MI. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kesulitan yang dihadapi siswa dalam penguasaan menghafal mufrodat, untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kesulitan siswa dalam penguasaan mufrodat, dan untuk mengetahui solusi apa saja yang akan dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya terhadap penguasaan menghafal mufrodat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : siswa merasa kesulitan dengan jumlah mufrodat yang sangat banyak, karena setiap pertemuan pasti wajib menghafal mufrodat lebih dari 5 kata, siswa merasa kesulitan dalam membaca tulisan Arab, karena faktor yang berbeda salah satunya dengan latar belakang pendidikan yaitu lulusan dari SD, kesulitan dalam menulis tulisan Arab, karena mayoritas dari mereka juga ketika duduk di bangku SD mereka tidak mengikuti TPQ atau Madrasah Diniyah. 4) kesulitan dalam memahami arti dari mufrodat bahasa Arab, karena salah satunya juga terdapat pada faktor seperti sebelumnya. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut meliputi penggunaan metode pembelajaran yang interaktif seperti permainan bahasa dan penggunaan media audio-visual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran mufrodat yang lebih efektif di lingkungan madrasah."
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Mufrodat, Bahasa Arab, Kesulitan Belajar | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:25 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:25 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
