Azahra, Ainun Hilda (2025) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Santri Pondok Pesantren Luqman Hakim. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20122065_COVER-BAB I DAN 5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20122065_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
20122065_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ainun Hilda Azahra, 2025. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Santri Pondok Pesantren Luqman Hakim. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Dosen pembimbing : Drs. Moh. Muslih, M.Pd, Ph.D. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Prestasi akademik menjadi salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan. Namun dalam kenyataannya, capaian prestasi akademik peserta didik sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Di lingkungan pesantren, santri berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang beragam serta memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda. Kondisi tersebut dapat menimbulkan variasi dalam pencapaian prestasi akademik, sehingga penting untuk diteliti lebih lanjut agar dapat diketahui sejauh mana status sosial ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik santri Pondok Pesantren Luqman Hakim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi akademik, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik, serta pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik santri. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi lembaga pendidikan dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi pencapaian akademik santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex past facto. Populasi penelitian adalah seluruh santri Pondok Pesantren Luqman Hakim, dan Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan dokumentasi nilai akademik santri, kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan JASP. Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik santri, begitu pula dengan motivasi belajar yang juga tidak berpengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan status sosial ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik santri Pondok Pesantren Luqman Hakim. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan akademik santri tidak hanya ditentukan oleh satu faktor tunggal, tetapi merupakan hasil interaksi antara kondisi sosial ekonomi, dorongan motivasional, serta lingkungan belajar yang mendukung. Oleh karena itu, lembaga pendidikan diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan yang merata bagi seluruh santri agar potensi akademik mereka dapat berkembang secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:11 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:11 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
