Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Individual Dengan Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 01 Pekiringan Ageng

Nuraeni, Ike (2025) Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Individual Dengan Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 01 Pekiringan Ageng. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321103-BAB I & V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321103-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321103-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas VI di SDN 01 Pekiringanageng, yang ditunjukkan dengan perilaku seperti menunda mengerjakan tugas, tidak fokus pelajaran, dan tidak mau belajar. Hal ini memengaruhi hasil belajar mereka di sekolah, sehingga penting untuk memberikan dukungan yang tepat guna meningkatkan minat belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konseling individual dengan metode selfmanagement dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan juga untuk melihat bagaimana minat mereka berubah setelah konseling diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Sumber utama yang terlibat adalah guru dan siswa kelas VI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan wali kelas, serta meninjau catatan yang ada. Untuk memastikan reliabilitas data, kami menggunakan triangulasi, yaitu memeriksa informasi dari berbagai sumber dan metode. Data dianalisis dalam tiga langkah utama: mengorganisasikan data, menyajikannya secara jelas, kemudian menarik kesimpulan dan memverifikasi hasilnya. Diharapkan penelitian ini dapat membantu di bidang bimbingan dan konseling dengan menawarkan solusi yang bermanfaat untuk masalah serupa dan menunjukkan cara-cara efektif untuk meningkatkan minat belajar dan keberhasilan akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling individu menggunakan metode self-management dilakukan dalam beberapa langkah, termasuk mengidentifikasi masalah, menetapkan tujuan, menerapkan teknik selfmanagement (self monitoring, goal setting, dan self reinforcement), evaluasi dan tindak lanjut. Setelah mengikuti layanan tersebut, siswa menunjukkan peningkatan yang baik seperti disiplin belajar yang lebih baik, manajemen waktu yang lebih baik, partisipasi yang lebih tinggi di kelas, serta motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, konseling individu dengan teknik self-management terbukti efektif dalam membantu siswa kelas VI di SDN 01 Pekiringanageng untuk lebih berminat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Individu, Teknik Self-Management, Minat Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:50
Last Modified: 17 Nov 2025 04:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item