Rahmi Maulina, Mutia (2025) Manajemen Program Tilawah Qur'an Menggunakan Metode Talaqqi Di Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2121166_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (928kB) |
|
|
Text
2121166_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2121166_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, terutama di lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan manajemen pembelajaran yang efektif agar program Tilawah Al-Qur’an dapat terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program Tilawah Al-Qur’an menggunakan metode Talaqqi di Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Wiradesa Kabupaten Pekalongan, yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian terdiri atas mudir pesantren, ustadz pengajar program Tilawah Al-Qur’an, serta santri dan santriwati. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara induktif. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Tilawah Al-Qur’an di Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Wiradesa telah berjalan dengan baik. Perencanaan dilakukan secara sistematis melalui penentuan jadwal, target capaian, dan strategi pembelajaran. Pelaksanaan metode Talaqqi efektif meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan irama yang benar, meskipun waktu pembelajaran relatif terbatas. Evaluasi dilakukan secara berkala setiap dua bulan dan pada akhir semester untuk menilai perkembangan santri. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat praktik manajemen pendidikan Islam, khususnya dalam pengelolaan pembelajaran Tilawah Al-Qur’an yang berbasis metode Talaqqi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Tilawah Qur’an, Metode Talaqqi, Pesantren | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.341 Pondok Pesantren |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:34 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:34 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
