Hidayatullah, Rifqi (2023) Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Andreas Aquarium Pekalongan Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy. Diploma thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4119201-Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
4119201-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
|
Text
4119201-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ketidakstabilan perekonomian Indonesia menjadikan UMKM sebagai faktor penting dalam membantu memulihkan perekonomian Indonesia, akan tetapi UMKM sendiri menghadapi berbagai persoalan seperti kenaikan bahan baku dan persaingan bisnis yang ketat. Permasalahan itu juga dialami oleh Andreas Aquarium pada industri hobi ikan di Pekalongan, dimana harga bahan baku kaca semakin naik dan juga persaingan yang semakin ketat. Keadaan persaingan yang ada saat ini termasuk dengan Red Ocean, dimana persaingan yang semakin banyak membuat pertumbuhan semakin sempit dan penjualan yang akan terus berkurang, belum lagi faktor bahan baku yang terus melonjak naik mengharuskan Andreas Aquarium memiliki strategi yang efektif agar dapat meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Blue Ocean Stratgy yang ada di Andreas Aquarium dalam membuka ruang pasar baru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah pemilik, dan konsumen dari Andreas Aquarium. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan berupa kerangka kerja dan alat analisis Blue Ocean Strategy. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Andreas Aquarium telah menerapkan Blue Ocean Strategy. Hal ini terbukti setelah peneliti melakukan analisis kanvas strategy yang menunjukan Andreas Aquarium telah berhasil melakukan divergensi dari pesaingnya. Divergensi terlihat jelas pada kualitas dan desain produk, selain itu Andreas Aquarium memiliki fokus dan motto yang memikat yang mendefinisikan blue ocean strategy yang bagus. Formulasi yang dilakukan Andreas Aquarium dalam menciptakan inovasi terdapat pada enam pendekatan dasar dalam membentuk ulang batasan-batasan pasar, kemudian dalam memaksimalkan inovasi nilai yang dibentuknya Andreas Aquarium mampu melihat ketiga tingkatan nonkonsumen yang ada dan melakukan upaya dalam mengejar tangkapan lebih besar.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Blue Ocean Strategy, Kanvas Stretegi, Aquarium | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 07:47 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Nov 2025 07:47 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
