Zumaroh, Eva (2021) Upaya Menumbuhkan Perilaku Gemar Membaca Al Qur’an pada Kelas VIII MTs Rifa”iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
|
Text
2021315517- Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2021315517 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2021315517 - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang lahir dari pesantren, dituntut menyumbangkan kontribusi yang nyata, sehingga MTs harus bisa sedemikian rupa memiliki strategi, metode, atau caracara tepat yang bisa diterapkan dalam rangka memenuhi ‘harapan’ masyarakat agar terbentuk generasi Islam yang mencintai al Qur’an. MTs Rifa’iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan mempunyai salah satu misi pendidikan yaitu membentuk out put (lulusan) yang cinta al Qur’an yang dapat ditampakkan dalam bentuk menghormati, menjaga dan yang terpenting adalah gemar membaca al Qur’an. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah: 1) Upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca al Qur’an pada kelas VIII MTs Rifa’iyah Kesesi Kebupaten Pekalongan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca al Qur’an pada kelas VIII MTs Rifaiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis menambah khazanah keilmuan khususnya tentang upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca al Qur’an. Secara praktis hasil penelitian yang diperoleh dapat memberikan kontribusi kepada stake holder sekolah dan guru-guru yang mengintegralkan dalam upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca al Qur’an pada siswa kelas VIII MTs Rifa’iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sumber data penelitianya data primer yaitu segenap guru di MTs Rifa’iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan, data skunder yaitu beberapa buku dan literatur, serta beberapa penelitian. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif dengan mengacu pada teori Milles Hubermen. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca Al Qur’an pada kelas VIII MTs Rifa’iyah Kabupaten Pekalongan meliputi kegiatan tahfidzul al Qur’an, kegiatan ekstrakurikuler tilawah. Dari upaya tersebut ditemui factor pendukung dan penghambat. Factor pendukung upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca Al Qur’an pada kelas VIII MTs Rifa’iyah adalah minat dan kesadaran siswa akan pentingnya al Qur’an, program tahfidzul Qur’an dan Ekstrakurikuler tilawah. Sedangkan factor penghambatnya yakni factor lingkungan dan keluarga, factor kurangnya guru tahfidz.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Perilaku Gemar Membaca, Al Qur’an. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:28 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:28 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
