Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Millenial Membeli Kosmetik Halal (Studi Pada Mahasiswa Pascasarjana Perguruan Tinggi Di Provinsi Jawa Tengah)

Jailani, Novalini (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Millenial Membeli Kosmetik Halal (Studi Pada Mahasiswa Pascasarjana Perguruan Tinggi Di Provinsi Jawa Tengah). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Industri halal kini telah mendapat perhatian banyak negara. Konsumen produk halal juga semakin bertambah seiring dengan bertambahnya populasi muslim di dunia. Bagi umat Islam mengkonsumsi produk halal bukanlah pilihan melainkan suatu kewajiban. Ranah halal tentu saja tidak terbatas hanya pada makanan tetapi juga mencakup kosmetik. Data menunjukkan terjadi peningkatan penggunaan kosmetik di kalangan millenial. Akan tetapi masih terdapat konsumen millenial muslim yang merupakan mahasiswa pascasarjana perguruan tinggi di Provinsi Jawa tengah mengkonsumsi produk kosmetik yang belum bersertifikat halal. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor kesadaran halal, sertifikasi halal dan religiusitas mampu mempengaruhi keputusan konsumen millenial dalam membeli kosmetik halal dengan niat beli sebagai variabel pemediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dimana sampel penelitian yaitu sebanyak 185 konsumen millenial yang merupakan mahasiswa pascasarjana perguruan tinggi yang ada di provinsi Jawa Tengah dengan syarat merupakan generasi millenial yang lahir pada rentang tahun 1981 s.d. 1996 dan sudah pernah membeli produk kosmetik halal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dalam bentuk Google forms yang disebar melalui media sosial, seperti Instagram dan Whatsapp. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9. Adapun tahapan dalam analisis data meliputi Evaluasi Outer Model (uji validitas dan uji reliabilitas), Evaluasi Model Struktural (R-Square, Q-Square, dan GoF), dan Uji Inner Model. Penelitian ini menemukan bahwa semua variabelyaitu kesadaran halal, sertifikasi halal dan religiusitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen millenial membeli kosmetik halal. Niat beli konsumen mampu memediasi hubungan antara variabel kesadaran halal, sertifikasi halal dan religiusitas secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAdinugraha, Hendri HermawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kesadaran halal, sertifikasi halal, religiusitas, kosmetik halal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 290 Other Religions (Agama Selain Kristen) > 297.39 Other Practices/Praktik Keagamaan Lainnya
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.91 Makanan dan Minuman menurut Islam
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email nasrul@uingusdur.ac.id
Date Deposited: 06 May 2023 08:54
Last Modified: 06 May 2023 08:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3079

Actions (login required)

View Item View Item