Pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan

Silviana, Risqi (2019) Pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Perilaku agresif sering diartikan sebagai perilaku yang bertujuan untuk menyakiti orang lain, perilaku ini berupa agresif verbal dan agresif non verbal. Keterlibatan siswa dalam berbagai bentuk kerusakan, perkelahian, demokrasi menunjukan gejala semakin meningkatnya perilaku agresif siswa. Dengan begitu, upaya pembinaan akhlak sangat diperlukan dalam membina hubungan sosial antar peserta didik tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan? (2) Bagaimana proses pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan? (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan? Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bermaksud untuk mengetahui perilaku agresif verbal siswa kelas VIII, untuk mengetahui proses pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman. Analisis data tersebut dimulai sejak sebelum dan ketika peneliti bereda di lapangan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi simpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, perilaku agresif verbal yang sering terjadi di SMP Negeri 12 Pekalongan yaitu perilaku agresif verbal aktif langsung yang mana perilaku seperti marah-marah, berbicara tidak sopan (kaki empat) atau berbicara dengan bahasa ngoko dengan nada tinggi, baik terhadap guru maupun teman sebaya. Kedua, pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal di SMP Negeri 12 Pekalongan dengan melalui pembiasaan, keteladanan, nasehat dan hukuman. Ketiga, faktor pendukung pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan meliputi: kerjasama berbagai pihak dan melalui kegiatan sekolah, sedangkan faktor yang menghambat pembinaan akhlak dalam mengatasi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pekalongan meliputi: kurang adanya perhatian dari orang tua dan kurangnya motivasi dan kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: akhlak, agresif, verbal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 19 May 2020 04:48
Last Modified: 19 May 2020 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item