Athohiriyah, Primana (2019) Pola asuh santri di Pondok Pesantren Nurul Athfal Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pola asuh yang diterapkan pondok pesantren lebih kepada pola asuh demokratis dan pola asuh situasional. Melalui gaya pembinaan yang seperti ini diharapkan santri akan patuh dan berkembang kearah yang diharapkan oleh pengasuh pondok pesantren tersebut. Gaya pengasuhan demokratis dan situasional berpengaruh terhadap kondisi santri yang tinggal di pondok pesantren. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, bagaimana strategi yang digunakan kyai dalam pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang serta kelebihan dan kekurangan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal, untuk mendeskripsikan strategi pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal, serta untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang dalam menerapkan pola asuh santri diantaranya pola asuh demokratis dan pola asuh situasional. Kedua, strategi pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal ada enam yaitu pembiasaan, keteladanan, latihan, ceramah, penghargaan dan hukuman. Ketiga, Kelebihanya yaitu menumbuhkan sikap optomis, mandiri, mampu mengambil keputusan, sikap berani berekspresi, empati, dapat bekerja sama, menghargai apa yang dimiliki. Sedangkan kekurangannya yaitu berani melakukan pelanggaran, pada saat berbicara anak kadang lepas kontrol dan terkesan kurang sopan, kadang-kadang-kadang antara santri dan pengurus terjadi perbedaan pendapat sehingga lepas kontrol yang menimbulkan suatu perdebatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Santri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2020 01:48 | ||||||||
Last Modified: | 28 May 2020 01:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/571 |
Actions (login required)
View Item |