Pola asuh santri di Pondok Pesantren Nurul Athfal Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang

Athohiriyah, Primana (2019) Pola asuh santri di Pondok Pesantren Nurul Athfal Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pola asuh yang diterapkan pondok pesantren lebih kepada pola asuh demokratis dan pola asuh situasional. Melalui gaya pembinaan yang seperti ini diharapkan santri akan patuh dan berkembang kearah yang diharapkan oleh pengasuh pondok pesantren tersebut. Gaya pengasuhan demokratis dan situasional berpengaruh terhadap kondisi santri yang tinggal di pondok pesantren. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, bagaimana strategi yang digunakan kyai dalam pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang serta kelebihan dan kekurangan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal, untuk mendeskripsikan strategi pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal, serta untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal desa pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang dalam menerapkan pola asuh santri diantaranya pola asuh demokratis dan pola asuh situasional. Kedua, strategi pola asuh santri di pondok pesantren Nurul Athfal ada enam yaitu pembiasaan, keteladanan, latihan, ceramah, penghargaan dan hukuman. Ketiga, Kelebihanya yaitu menumbuhkan sikap optomis, mandiri, mampu mengambil keputusan, sikap berani berekspresi, empati, dapat bekerja sama, menghargai apa yang dimiliki. Sedangkan kekurangannya yaitu berani melakukan pelanggaran, pada saat berbicara anak kadang lepas kontrol dan terkesan kurang sopan, kadang-kadang-kadang antara santri dan pengurus terjadi perbedaan pendapat sehingga lepas kontrol yang menimbulkan suatu perdebatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 28 May 2020 01:48
Last Modified: 28 May 2020 01:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item