تحليل اختبار جودة أسلوب السمعية الشفهية في تعلم العربية للمهارات الاستقبالية بالتطبيق علي المعهد الاسلامى لمدرسة العالية الاسلامية الحكومية فمالانج (Analisis Pengujian Kualitas Metode Sam’iyyah As Syafawiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Ketrampilan Reseptif Pada Program Boarding MAN Pemalang)

Muiz, Abdul (2023) تحليل اختبار جودة أسلوب السمعية الشفهية في تعلم العربية للمهارات الاستقبالية بالتطبيق علي المعهد الاسلامى لمدرسة العالية الاسلامية الحكومية فمالانج (Analisis Pengujian Kualitas Metode Sam’iyyah As Syafawiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Ketrampilan Reseptif Pada Program Boarding MAN Pemalang). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5521004 - Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5521004 - Full Text.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pengajaran bahasa Arab mempengaruhi keterampilan reseptif, bagaimana menganalisis kualitas metode audio-lingual dan efektivitas penerapan metode audio-lingual menurut pendapat para guru pengampu bahasa arab pada program boarding di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap keterampilan reseptif secara teoritis dan praktis pada program boarding di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif, artinya mendiskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Penelitian ini dilaksanakan pada program boarding Dar Al-Asfiya MAN Pemalang yang terletak di Desa Mulyohrjo kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 pada bulan Juni-September 2023. Penelitian ini mencapai hasil bahwa penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan resepsit sangat efektif dalam beberapa aspek sebagai berikut: siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, kemampuan mendengar dan membaca meningkat, dan keberanian untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran bertambah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, Ahmad198603062019031003UNSPECIFIED
Thesis advisorFathuddin, Ahmad Ubaedi197009118001121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pengujian, Media, Metode Sam’iyyahAs Syafawiyah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:40
Last Modified: 01 Feb 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item