Peran guru sebagai motivator dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan

Nurul, Tanzila (2019) Peran guru sebagai motivator dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru memberikan motivasi-motivasi kepada siswa ketika pembelajaran berlangsung, sehingga siswa mau memperhatikan dan fokus mengikuti pembelajaran. Di dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, guru tidak membeda-bedakan antara siswa yang berasal dari SD maupun MI, melainkan pada saat pembelajaran guru tetap melaksanakan peranannya yakni sebagai motivator dan siswa di beri kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan belajarnya guna mencapai suatu prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk motivasi yang diberikan guru pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan dan untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasaArab Di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan bagaimana mengembangkan peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa, yaitu: pemberian nilai, pujian, gerakan tubuh, memberikan tugas, memberikan ulangan, memberikan hukuman dan menggunakan metode yang bervariasi. Peran guru sebagai motivator dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Salafiyah Wonoyoso sudah dikatakan baik diterapkan di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Dapat dilihat dari peran guru dalam membangkitkan minat, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian yang wajar terhadap setiap keberhasilan siswa, memberikan penilaian, memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa, menciptakan persaingan dan kerjasama. Hal ini dibuktikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dengan nilai rata – rata siswa yaitu 82.Jadi peran guru sebagai motivator dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan sudah bagus, dan baik untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MushoffaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, motivator, prestasibelajar
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:26
Last Modified: 12 Jun 2020 03:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item