Sari, Diah Kurnia (2024) Implementasi pembelajaran tahfidz al-qur’an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan Kecamatan Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117110_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2117110_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2117110_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada faktanya dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an menggunakan waktu hanya satu jam dinilai terlalu singkat, sehingga siswa masih belum bisa mengatur waktu agar disiplin dalam mengolah waktu untuk hafalan Al-Qur'an. Maka hal ini terdapat hambatanhambatan dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. selain kewajiban mereka mengikuti pelajaran formal mereka juga diwajibkan menghafal Al-Quran sesuai yang ditargetkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan pendekatan kualtatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipan di sekolah SMP Muhammadiyah, observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz ketika lulus kelas 9 sudah hafal Al-Qur’an 2 juz sesuai dengan target program kelas tahfidz Al-Qu’ran. Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an adalah motivasi , kecerdasan, dan kesehatan. Sementara itu, faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an adalah terbatasnya jam pembelajaran di kelas tahfidz Al-Qur’an hanya satu jam Sehingga kurang maksimal dalam manajemen waktu, tempat, kemampuan dan manajemen diri dalam menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pembelajaran, tahfidz al-qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:59 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2024 01:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9026 |
Actions (login required)
View Item |