Implementasi pembelajaran tahfidz al-qur’an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan Kecamatan Kedungwuni

Sari, Diah Kurnia (2024) Implementasi pembelajaran tahfidz al-qur’an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan Kecamatan Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117110_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117110_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2117110_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada faktanya dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an menggunakan waktu hanya satu jam dinilai terlalu singkat, sehingga siswa masih belum bisa mengatur waktu agar disiplin dalam mengolah waktu untuk hafalan Al-Qur'an. Maka hal ini terdapat hambatanhambatan dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. selain kewajiban mereka mengikuti pelajaran formal mereka juga diwajibkan menghafal Al-Quran sesuai yang ditargetkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pekajangan. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan pendekatan kualtatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipan di sekolah SMP Muhammadiyah, observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas tahfidz ketika lulus kelas 9 sudah hafal Al-Qur’an 2 juz sesuai dengan target program kelas tahfidz Al-Qu’ran. Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an adalah motivasi , kecerdasan, dan kesehatan. Sementara itu, faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an adalah terbatasnya jam pembelajaran di kelas tahfidz Al-Qur’an hanya satu jam Sehingga kurang maksimal dalam manajemen waktu, tempat, kemampuan dan manajemen diri dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYazid, M. AbaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran, tahfidz al-qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:59
Last Modified: 06 Aug 2024 01:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item