Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan

Monica, Rara Dika (2024) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120178_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120178_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120178_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan terjumpai beberapa siwa yang masih kurang disiplin dalam pembelajaran di lingkungan dan tidak melaksanakan peraturan dari sekolah, hal tersebut dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas IX dalam pembelajaran PAI melalui Kegiatan Ekstrakurkuler Pramuka. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. 2) Bagaimana Kedisiplinan Sisa dalam Pembelajaran PAI di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. 3) Apakah Terdapat Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisplinan siswa dan seberapa Besar Pengaruhnya dalam Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Penelitian kuantitatif teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dokumentasi dan observasi, populasi kelas IX dengan Jumlah 162 terdiri dari 5 kelas dan didapatkan sampel 62 dari teknik purposive sampling rumus Slovin, peneliti mengambil sampel dari kelas IX D dan E masing-masing kelas diambil 32 yang sudah melalui tahapan yang sesuai dengan karakteristik yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan harus mencakup pembiasaan disiplin sebagai bagian integral dari pengembangan karakter religius dan moral siswa. Proses ini memerlukan intervensi yang berkelanjutan dan terencana dari pihak sekolah serta guru untuk mengimplementasikan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan jadwal. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pembiasaan ini memiliki pengaruh signifikan P-value (0.000), sig (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti “Berpengaruh” maksudnya Kegiatan Ekstrakurikuler pramuka berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas IX di SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan, dengan koefisien determinasi atau besar pengaruhnya mencapai 29,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, Kedisiplinan Siswa, SMP N 2 Bojong Kabupaten Pekalongan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:30
Last Modified: 29 Jul 2024 01:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9698

Actions (login required)

View Item View Item