Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) melalui pemanfaatan barang bekas dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas II SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Pekalongan

Soraya, Neilis (2024) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) melalui pemanfaatan barang bekas dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas II SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2320008_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320008_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kreativitas dalam pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dengan kreativitas anak mampu mengeskpresikan ide dan gagasan dalam dirinya, sehingga mereka terlatih untuk menyelesaikan suatu masalah dari berbagai sudut pandang dan mampu melahirkan banyak ide dan gagasan. Salah satu langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran yaitu melakukan sebuah projek yang ditetapkan pemerintah berdasarkan tema tertentu yang kemudian dikembangkan. Peningkatan keterampilan dan kreativitas siswa dapat dilakukan guru melakukan program yang ada di P5 yaitu pemanfaatan barang bekas dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Tujuan penelitian untuk ini menganalisis implementasi projek profil pelajar pancasila melalui pemanfaatan barang bekas dalam meningkatkan kreativvits siswa kelas II. Dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) melalui pemanfaatan barang bekas dalam meningkatkan kreativitas siwa kelas II. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif. Ciri dari penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dimana data tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Dalam riset kali ini peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field resech). Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II, siswa kelas II atau sumber data sekunder lainnya dalam penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pemanfaatan barang bekas dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Pada perencanaan P5 guru mempersiapkan modul untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan berupa ceramah, tanya jawab, dan penugasan membuat karya P5. Hasil karya yang dihasilkan siswa pada projek P5 seperti bentuk bunga, balon udara, dan bentuk hewan. Sikap kreativitas siswa yang muncul ketika kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) berlangsung adalah sikap percaya diri, mandiri, berani mengambil resiko. Faktor pendukung dan penghambat dalam P5 ini SDM yang saling mendukung satu sama lain, sarana dan prasarana yang tersedia, lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran, dan kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Faktor penghambat diantaranya adalah keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi P5, Kreativitas, Pemanfaatan Barang Bekas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:24
Last Modified: 31 Jul 2024 02:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10021

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item