Implementasi model active learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran al-qur’an hadits di MAN 2 Kota Pekalongan

Lestari, Dewi (2024) Implementasi model active learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran al-qur’an hadits di MAN 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120064_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120064_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran active learning merupakan salah satu bentuk atau jenis dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik. Pembelajaran berorientasi pada aktivitas peserta didik mengandung pengertian bahwa sistem pembelajaran menempatkan peserta didik sebagai subyek didik yang aktif dan telah memiliki ke siapan untuk belajar. Active learning menjadikan peserta didik sebagai subyek belajar dan berpotensi untuk meningkatkan kreativitas atau lebih aktif dalam setiap aktivitas pelajaran yang diberikan, baik di dalam maupun di luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model active learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Man 2 Kota Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model active learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Man 2 Kota Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di MAN 2 Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan beberapa peserta didik MAN 2 Kota Pekalongan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode,triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model active learning dengan metode diskusi,tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Kota Pekalongan telah terlaksana. Dalam implementasi model active learning dengan metode iskusi, tanya jawab dan card sort dalam pembelajaran AlQur’an Hadits perencanaan pembelajaran yang disiapkan seperti RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), sumber-sumber belajar baik itu sumber yang berasal dari buku maupun sumber belajar nonbuku, dan evaluasi pembelajaran. Faktor Pendukung yaitu : media pembelajaran yang memadai, guru yang mengajar dalam proses pembelajaran guru sangat berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran dan bahan ajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi : kurangnya dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Active Learning, Pembelajaran AL-Qur’an Hadits
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:19
Last Modified: 08 Oct 2024 10:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item