Implementasi program boarding school dalam upayapembentukan karakter religius siswa di MAN 1 Kota Pekalongan

Khaerunisa, Fifi (2024) Implementasi program boarding school dalam upayapembentukan karakter religius siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120186_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120186_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Program Boarding School berupaya menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku dan beraktifitas sesuai dengan aturan-aturan agama melalui program habituasi, seperti pembiasaan shalat berjamaah secara tepat waktu, cinta Al-Qur’an, serta menghormati dan menghargai orang lain terlebih kepada pendidik maupun orang yang lebih tua dilingkungan sekolah atau pondok. Upaya-upaya tersebut bertujuan menguatkan pondasi agama peserta didik dan diharapkan memberi dampak baik terhadap pembentukan karakter religius peserta didik sebagai bekal kehidupan Rumusan masalah penelitian ini berupa Bagaimana implementasi program Boarding School di MAN 1 Kota Pekalongan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan. Tujuannya untuk mengetahui Untuk Mengetahui implementasi program Boarding School di MAN 1 Kota Pekalongan dan Untuk Mengetahui implikasi program Boarding School dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan Implementasi Boarding School di MAN 1 Kota Pekalongan menunjukkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi yang komprehensif dalam program tahfidz, kitab, dan sains. Program tahfidz dengan jadwal harian yang ketat membantu siswa mencapai target hafalan, sementara program kitab dengan metode bandongan meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca kitab. Program sains, didukung kerjasama eksternal, mempersiapkan siswa untuk kompetisi akademis dan tantangan masa depan. Evaluasi rutin memastikan pencapaian target pendidikan secara holistik, menjadikan MAN 1 Kota Pekalongan sebagai institusi yang berhasil dalam mengintegrasikan pendidikan agama dan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, Mohammad198703062019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Karakter Religius, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:21
Last Modified: 08 Oct 2024 07:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item