Pengaruh model pembelajaran team quis dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Materi bilangan kelas V MI Ma’arif NU Pamutih Tahun Pelajaran 2022/2023

Zubaidah, Zubaidah (2024) Pengaruh model pembelajaran team quis dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Materi bilangan kelas V MI Ma’arif NU Pamutih Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619030_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619030_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2619030_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keberhasilan belajar yang baik tidak lepas dari peran guru dalam mendidik siswa. Matematika merupakan ilmu dasar yang mendasari perkembangan diantara ilmu-ilmu lainnya, sebab itu matematika ilmu yang penting untuk diajarkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika; 2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dan 3) pengaruh model pembelajaran TQ (Team Quiz) dan gaya belajar pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran TQ (Team Quiz) terhadap hasil belajar matematika?; 2) Bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika? dan 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran TQ (Team Quiz) dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika? Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran TQ (Team Quiz) dan gaya belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai varibel terikat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VI MI Ma’arif NU Pamutih yang berjumlah 35 anak dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Ma'arif NU Pamutih Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t untuk X1 diperoleh thitung 3,050 > ttabel 2,030 dengan signifikansi 0,005 < α = 0,05 maka thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan; 2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Ma’arif NU Pamutih Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t untuk X2 diperoleh thitung 6,202 > ttabel 2,030 dengan signifikansi 0,000 < α = 0,05 maka thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran TQ (Team Quiz) dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Ma’arif NU Pamutih Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji-F adalah sebesar 271,073 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Team Quis, Gaya Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:36
Last Modified: 01 Aug 2024 03:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item