Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Mandiri Umat Kauman Pekalongan

Indriani, Ika (2024) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Mandiri Umat Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4217022_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4217022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4217022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia semakin pesat. Studi kasus pada BMT Mandiri Umat Kauman Pekalongan menunjukkan adanya fenomena menarik di mana nasabah cenderung memilih untuk menabung di lembaga keuangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh religiositas, produk, serta pelayanan terhadap preferensi menabung masyarakat Kota Pekalongan pada BMT Mandiri Umat Kauman Pekalongan secara parsial dan simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) religiositas berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung bernilai positif sebesar 3,518 > 1,661 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (5%) yaitu 0,001. 2) Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung bernilai positif sebesar 4,812 > 1,661 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (5%) yaitu 0,000. 3) pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi Nasabah, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung bernilai positif sebesar 3,114 > 1,661 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (5%) yaitu 0,002. 4) Religiositas, produk, dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan nilai uji F sebesar 31,565 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (5%) yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSafi’i, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: religiositas, produk, pelayanan, preferensi menabung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:44
Last Modified: 02 Aug 2024 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item