Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Kota Pekalongan

Sangaji Dodi, Irsyad (2018) Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Kota Pekalongan ditunjuk langsung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia sebagai piloting untuk menyelenggarakan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Kota Pekalongan pada tahun 2017 yang diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki nilai-nilai karakter utama dalam PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan itegritas, meskipun demikian ada beberapa peserta didik yang belum menunjukkan karakter utama tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan. Adapun tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan. Dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghamabat Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota pekalongan sudah cukup baik dan efektif. Implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan adalah pertama perencanaan yang dilakukan diawal tahun pembelajaran yang dilakukan oleh seluruh pihak, Kedua pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK. Ketiga evaluasi yang dilakukan melalui pengamatan dan penilaian di akhir semester 1 dan semester 2. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 kota Pekalongan, (1) Faktor pendukung, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. (2) Faktor penghambat, yaitu peserta didik dan lingkungan pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penguatan pendidikan karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:10
Last Modified: 10 Nov 2020 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item