Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 15 Pekalongan

Habib, Athoul (2018) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keberhasilan dalam kegiatan belajar ditentukan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Dalam penelitian ini yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI di SMP N 15 Pekalongan, kedua, Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIIISMP N 15 Pekalongan, ketiga, Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan. Keempat,Adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan. Kelima, adakah pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI di SMP N 15 Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI di SMP N 15 Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan. Adapun kegunaan yang diharapkan dari pembahasan penelitian ini untuk memberikan pengetahuan dan wacana tentang pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI di SMP N 15 Pekalongan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik dengan rumus regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, kompetensi pedagogik guru PAI SMP N Pekalongan dalam kategori sangat tinggi, hal ini ditunjukan nilai kompetensi pedagogik berada dalam interval 64 – 76. Kedua, Kompetensi Profesional guru PAI SMP N Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi. Dimana interval nilai berada pada posisi 30 - 34. Ketiga prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N Pekalongan termasuk dalam kategori istimewa. Dimana interval nilai berada pada posisi 84 – 96. Hal ini terbukti dari perhitungan telah didapatkan t test = 1,8194 pada tingkat signifikasi 1% nilai ttabel = 1,310 maka ttest = 1,8194 >ttabel 1,310 sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi pedagogik guru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan.Dari perhitungan telah didapatkan t test = 2,305 pada tingkat signifikasi 1% nilai ttabel = 2,042 maka ttest = 2,305> ttabel 2,042 sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Pekalongan. Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N Pekalongan. Hal ini terbukti dengan perolehan F hitung = 3,51939, pada tingkat siginfikansi 5% nilai Ftabel = 3,33, maka Fhitung 3,51939 >Ftabel3,33, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI berpengaruh secara siginfikan terhadap variabel prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:10
Last Modified: 10 Nov 2020 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item