Pengaruh Media Taman Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandangserang

Intan, Falasifa (2024) Pengaruh Media Taman Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandangserang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420060_BAB I dab BAB V..pdf

Download (855kB)
[img] Text
2420060_FULL TEXT_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa yang masih rendah dan sebagian anak belum dapat menyebutkan ataupun menunjukan huruf hijaiyah dengan benar dikarenakan tidak adanya media yang efektif ataupun bahan ajar yang digunakan sekolah dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Selain itu, Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupten Pekalongan pada tanggal 17 April sampai 17 Mei 2024 . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf hijaiyah sebelum dan sesudah menggunakan media taman huruf serta mengetahui adakah pengaruh media taman huruf terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4- 5 tahun di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandanserang. Data dari penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain pre-eksperimental yaitu One-Group-Pretest-Postest. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. karena jumlah populasi dijadikan sampel semua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media taman huruf berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. hal ini dapat dilhat pada t table yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 2.045 dan t hitung sebesar 65,967. Dengan demikian karena t hitung > t tabel maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh media taman huruf terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Pertiwi 01 Desa Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Taman Huruf, Mengenal Huruf Hijaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:22
Last Modified: 03 Oct 2024 08:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item View Item