Pengaruh Persepsi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kecamatan Kesesi)

Indrikhofifah, Tiyas (2024) Pengaruh Persepsi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kecamatan Kesesi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4319051_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4319051_Full Text.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TIYAS INDRIKHOFIFAH. Pengaruh Persepsi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kecamatan Kesesi). Berbagai permasalahan yang masih dihadapi oleh pelaku usaha mikro kecil dalam memanfaatkan penggunaan informasi akuntansi. Ketidakmampuan dalam praktik akuntansi merupakan faktor yang menimbulkan permasalahan dan memicu kegagalan usaha mikro kecil dalam pengembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi akuntansi, pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kecamatan Kesesi. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dengan Purpose Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data, dan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh persespi akuntansi terhadap penggunaan informasi. (2) terdapat pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. (3) terdapat pengaruh pengalaman usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. (4) tidak terdapat pengaruh skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutmainah, InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Akuntansi, Skala Usaha, dan Penggunaan Informasi Akuntansi.
Subjects: 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:57
Last Modified: 05 Aug 2024 01:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10390

Actions (login required)

View Item View Item